teror bom didua gereja yang ada di Mesir membuat dunia mengutuk keras aksi tersebut.

Warga Mesir saat ini tengah berduka pasca dua gereja di hantam oleh ledakan bom. Pimpinan tertinggi dari umat Katolik dunia, Yaitu Paus Fransiskus menyampaikan duka cita kepada keluarga korban bom gereja di Mesir.

Dunia secara kompak kecam terhadap serangan bom pada dua gereja yang ada di Mesir, Reaksi dan simpati dari berbagai Negara mengalir kemesir usai ledakan bom yang mengguncang gereja di Mesir. Para pemimpin dan tokoh agama dunia bereaksi terhadap serangan dua gereja dan mengecam kepada aksi tersebut. Bahkan presiden Mesir telah mengumumkan bahwa keadaan Mesir dalam kondisi darurat selama tiga bulan pasca serangan bom dan memerintahkan kepada tentara nasional agen bola agar dikerahkan diseluruh wilayah di Mesir.

Warga muslim bantu korban teror bom digereja Mesir

Setelah pemboman terhadap dua gereja di Mesir, pengeras suara di Mesjid mengumumkan menyeru warga untuk menyumbangkan darah kepada korban. Rakyat Mesir langsung bergegas mendatangi Mesjid yang ada dikota Tanta salah satu kota yang gerejanya diserang bom.

Panggilan dilakukan usai rumah sakit Tanta kehabisan darah. Semua kalangan termasuk warga-warga muslim tidak ketinggalan berpartisipasi untuk menyumbangkan darah. Bahkan sebagian besar darah yang disumbangkan datang dari warga Muslim yang memang mayoritas. Ratusan lebih kantong darah berhasil dikumpulkan dan langsung dikirim ke rumah sakit Tanta dan Bank darah dimana korban dirawat. penjelasan dari warga Tanta Mohammed Ahmad Hassan. Di lansir dari AL Arabiya, 10/4/2017.

Kecaman dari dunia terhadap teror bom dua gereja Mesir

Atas peristiwa yang mengemparkan dunia tersebut membuat dunia mengecam aksi teror bom yang terjadi didua gereja di Mesir, raja Salman bin Abdul Aziz al Saud menyampaikan belasungkawa terhadap teror bom yang menjatuhkan para korban didua gereja. Raja salman menuliskan surat kepada Presiden Sisi yang berisi ucapan bela sungkawa dan semoga keluarga korban mendapatkan keikhlasan, kesabaaran, dan para korban terluka mendapatkan kesembuhan.

Perdana Menteri Malaysia juga mengutuk atas serangan bom yang terjadi didua gereja di Mesir. PM Malaysia Najib Razak menyampaikan bela sungkawa dan merasa jijik dengan teror yang dianggapnya sebagai serangan pengecut. Nazib juga menyampaikan bahwa serangan teror tersebut merupakan peringatan terhadap ancaman dan bahaya kekerasan ditimbulkan oleh ekstremisme agar tidak akan pernah menyerah dan dari setiap kekejaman harus membuat lebih dalam lagi tekad kita. Dikutip oleh The Star. 10/4/2017.

Presiden Amerika Serikat juga menyampaikan belasungkawa atas serangan tersebut untuk rakyat di Mesir, trump juga memberikan dukungan kepada presiden Mesir dan mengatakan bahwa dirinya percaya dengan presiden Abdul Fattah el Sisi dapat menangani yang terjadi dalam negerinya. Trump mengaku sangat sedih ketika mendengar serangan bom di Mesir dan AS mengutuk keras terhadap serangan teror tersebut, ucapan tersebut ditulis Trump diakun Twitternya.

Pemerintah Iran mengutuk serangan bom gereja katolik di Mesir, Iran mengingatkan adanya upaya menabur perselisihan/salah paham satu dengan lainnya antara pengikut agama lain yang berbeda. Langkah kriminal tersebut merupakan langkah yang terencana serta dilakukan untuk menciptakan perpecahan dan menghasut perselisihan dikalangan antar para pengikut pada agama tertentu. Ucap juru bicara kemenlu Iran dikutip dari Press Tv,10/4/2017.

Bahram Qassemi kemenlu Iran tersebut juga menekankan bahwa pentingnya sebuah kerja sama judi online serta kewaspadaan pemerintah bersama Negara-negara lain yang regional untuk dapat mengagalkan plot serupa yang akan terjadi dihari mendatang.